KSL - UBL Merupakan Kelompok Riset Mahasiswa / Mahasiswi Dibidang Teknologi Informasi Khususnya FOSS (Free Open Source Software)

Sabtu, 25 November 2017

Cara Membuat Line Art Mobil Sport dengan Menggunakan Aplikasi Inkscape








Saat ini perkembangan teknologi sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan teknologi ini menyebabkan banyak sekali hal-hal baru yang muncul seperti beragam aplikasi-aplikasi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah setiap pekerjaan. Salah satu contohnya adalah perkembangan aplikasi dalam dunia desain. Banyaknya desainer-desainer yang membutuhkan aplikasi desain membuat banyak developer yang menciptakan aplikasi untuk mendesain dan mempermudah desainer-desainer.

Mahalnya aplikasi-aplikasi yang beredar di pasaran membuat para desainer kesulitan untuk memiliki aplikasi-aplikasi yang dapat membantu desainer untuk mendesain. Inkscape adalah salah satu alternatif aplikasi untuk mendesain secara free karena merupakan aplikasi yang berbasis free source. Inkscape merupakan aplikasi desain berbasis vector sebagai alternatif pengganti aplikasi vector yang berlisensi dan berbayar.

Pengertian Inkscape

Inkscape adalah sebuah software editor gambar vector yang bersifat perangkat lunak bebasdi bawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS (wikipedia.org).
Pada materi kali ini saya akan memberikan tutorial dan cara untuk membuat line art dari sebuah mobil, dan kebetulan pada kesempatan ini mobil yang akan saya tunjukan adalah mobil Subaru Cosworth Impreza WRX. Sedangkan plikasi yang saya gunakan adalah aplikasi Inkscape. Bagaimana cara membuatnya? let’s check it out!

1.pada saat awal membuka inkscape anda akan diberikan tampilan awal seperti gambar berikut ini
















kemudian untuk menyesuaikan kertas gambar ke mode landscape (karena gambar yang akan saya buat bermode landscape), anda dapat mengklik file > document properties atau dapat juga dengan menekan Ctrl + shift + D















Setelah itu anda akan diberikan tampilan option menu dan pilihlah mode landscape















2.setelah kertas gambar anda menjadi landscape hal yang pertama anda lakukan adalah mencari gambar dari mobil yang akan dibuat line artnya. Setelah anda menemukan gambar yang ingin anda buat line artnya anda dapat menekan Ctrl + I pada keyboard anda dan mengimport gambar tersebut ke kertas gambar inkscape anda. Sebagai catatan untuk memudahkan anda dalam menggambar, anda bisa menekan Ctrl + Scroll mouse untuk menzoom gambar anda, Alt + Scroll mouse untuk menggeser tampilan ke kiri dan kanan, serta scroll mouse untuk menggeser tampilan ke atas dan kebawah.

3.Saatnya kita mulai menggambar. Gunakaan tools bernama draw bezier yang ada di sebelah kiri toolbar untuk lebih jelasnya anda bisa lihat pada gambar dibawah. Atau dapat juga dengan menekan tombol Shift + F6 pada keyboad anda.















5.Kita mulai dari membuat lampu depannya. Pertama anda zoom ke bagian lampu untuk mempermudah dalam menggambar. Kemudian dengan tool draw bezier tadi buatlah titik-titik yang akan membentuk garis dari lampu tersebut.















6.Setelah anda membuat garis-garis tadi anda akan menggunakan tool bernama edit path by note seperti gambar dibawah















setelah anda klik tool tadi anda dapat membuat garis-garis yang tadinya lurus menjadi melengkung dengan cara mendrag dan memainkan setial titik pada garis tersebut.















7.Setelah anda berhasil membuat lampu anda harus mengulangi setiap langkah mulai dari membuat garis hingga selesai pada setiap bagian-bagian mobil















8.jika anda ingin melihat progres dari line art anda, anda bisa menggeser sedikit gambar asli dari mobil tersebut dengan cara mendrag mouse anda pada gambar tersebut















9. teruslah ulangi langkah yang sama hingga seluruh mobil benar-benar selesai digambar















10.Saya akan membuat logo dari mobil ini dengan warna untuk menegaskan kesan aksen dari merk mobil ini. Cara membuatnya sama seperti tadi dengan menggunakan garis-garis dan lingkaran. Namun letak perbedaannya adalah dengan mengklik objek yang ingin di warnai kemudian mengklik warna-warna yang telah disediakan di bagian bawah.















11.Selamat line art mobil anda sudah selesai digambar!















12.Apakah selesai sampai disini? Belum. Anda masih harus mengexport gambar tersebut agar menjadi PNG atau JPG. Caranya adalah anda dapat menekan tombol Ctrl + Shift + E pada keyboard anda, kemudian akan muncul option menu seperti di bawah ini. Klik tombol export as untuk menentukan akan di export dengan format apa gambar anda. Kemudian klik ekposrt















13.Yap dengan begini selesai sudah tutorial dari saya untuk membuat line art sebuah mobil. Semoga dengan adanya hal ini bisa menambah wawasan anda dalam dunia desain, terima kasih dan sampai jumpa.

Tidak ada komentar: