KSL - UBL Merupakan Kelompok Riset Mahasiswa / Mahasiswi Dibidang Teknologi Informasi Khususnya FOSS (Free Open Source Software)

Senin, 06 Januari 2014

14 Distro Linux yang Lahir Pada Tahun 2013

Tahun 2013 sudah berlalu, menurut saya tahun 2013 merupakan salah satu tahun yang besar bagi industri Open Source. Dengan munculnya OS Android, yang memiliki lebih dari 85 persen pangsa pasar di segmen perangkat mobile, tahun 2013 merupakan tahunnya Linux terutama di dunia Open Source. 14 distro baru muncul pada tahun 2013, mari kita lihat 14 distro Linux yang lahir pada tahun 2013.

1. Slackel Linux : adalah distro Linux berbasis Slackware Linux dan Salix OS, Slackel menggunakan KDE sebagai default desktop environment nya.

2. SalentOS : adalah disro Linux berbasis Ubuntu yang menggunakan Openbox sebagai window manager default nya. SalentOS Akan mencoba untuk menjadi distribusi Linux yang ringan dan ingin lebih ditujukan untuk pemula.

3. Linux Lite : Menggunakan XFCE sebagai Desktop Environment nya, Linux Lite merupakan distro Linux yang ringan dan ditujukan untuk pemula.

4. Kali Linux : Merupakan lanjutan dari distro sebelumnya yaitu BackTrack, Ini adalah distro pengujian penetrasi yang telah mendapat tempat di hati di masyarakat sejak diluncurkan. Seperti BackTrack, Kali adalah distribusi dari PenTest.

5. Springdale Linux : Sebelumnya dikenal sebagai PUIAS Linux, merupakan turunan dari Red Hat Linux dan dikelola oleh Institute for Advanced Studi dan Princeton University di Amerika Serikat.

6. Emmabuntüs : Merupakan distro yang ringan dan turunan dari Xubuntu. Distro ini dapat berguna dalam kegiatan sehari-hari.

7. Antergos : Sebelumnya dikenal sebagai Cinnarch, yaitu gabungan antara Arch Linux dan Cinnamon dekstop.

8. SolydXK : Keduanya SolydX dan SolydK adalah distro Linux berbasis Debian yang masing-masing menggunakan Desktop Environment XFCE dan KDE.

9. Point Linux : Adalah kombinasi dari distro Debian dengan Desktop Environment Mate, yang menggunakan GNOME 2. Tujuan dari distribusi ini adalah agar setup nya menjadi lebih mudah dalam menggunakannya.

10. Simplicity Linux : Default Desktop Environment pada distro ini ada LXDE dan Platform nya sendiri berasal dari Puppy Linux.

11. LXLE : Adalah distro Linux yang ringan yang datang dengan berbagai aplikasi default, ini merupakan rilis jangka panjang dari Lubuntu.

12. Kwheezy : Adalah distro dari turunan Debian Linux yang datang dengan Desktop Environment KDE, OS ini memiliki berbagai aplikasi default dan codec media yang terinstal di dalamnya.

13. MakuluLinux : Merupakan turunan dari Debian, MakuluLinux juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang sudah terinstal di dalamnya.

14. OpenMandriva LX : Merupakan turunan dari distro rusia ROSA, OpenMandriva ini disponsori oleh Mandriva.

Itulah daftar distro baru Linux yang diperkenalkan pada tahun 2013.

Sumber itsfoss dan efytimes

Tidak ada komentar: