KSL - UBL Merupakan Kelompok Riset Mahasiswa / Mahasiswi Dibidang Teknologi Informasi Khususnya FOSS (Free Open Source Software)

Minggu, 06 Februari 2011

Zenburn, Skema Warna Kontras Rendah untuk Vim

Kita mempunyai ruang kerja yang berbeda-beda, ada ruangan dengan intensitas cahaya yang rendah ataupun intensitas cahaya yang tinggi, perbedaan intensitas cahaya serta kontras dari monitor mempengaruhi kenyamanan mata kita. Sebagai pemrogram kombinasi warna latar belakang dengan warna tulisan harus lah sesuai dan nyaman untuk mata, dan untuk teman-teman yang menggunakan editor Vim dapat menggunakan skema warna Zenburn.


Zenburn memang dibuat untuk lingkungan kerja yang gelap, dengan kontras yang rendah membuat nyaman pada mata.

Zenburn bisa di unduh dari sini, tempatkan di ~/.vim/colors dan ketik :colorsheme zenburn pada saat di editor Vim, atau bisa langsung masukan colorscheme zenburn pada .vimrc Anda. Selain kontras rendah Zenburn juga menyediakan dengan kontras tinggi (hanya membuat warna latar menjadi makin gelap), ketikan perintah ini pada saat menggunakan Vim.
:let g:zenburn_high_Contrast=1
:color szenburn

Zenburn tidak hanya untuk editor Vim, banyak modifikasi dan dapat digunakan seperti Emacs, Notepad++, dll. Untuk lebih jelasnya dapat langsung ke situs resmi Zenburn.

Tidak ada komentar: